Metode Pembelajaran di room CF LQB

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ ﴿١٧﴾

017. Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS. Al-Qamar : 17)

Segala puji bagi Allah yang telah mengajari banyak hal pada kita. Allah yang memberikan ilmu-NYA hingga kita awalnya lemah menjadi kuat, awalnya tidak tahu menjadi tahu, dari bodoh menjadi berilmu.

Sholawat salam semoga senantiasa tercurah ke haribaan junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang karena jasa beliau hingga kita keluar dari gelapnya kebodohan dan kekufuran, yang menjadi wasilah atas hilangnya kesesatan dan penyembahan terhadap berhala menjadi keimanan dan mengesakan Allah, Semoga Sho;awat salam senantiasa menyertai beliau, para keluarga serta para sahabat yang menjadi matahari ilmu pengetahuan, serta kepada orang-orang yang senantiasa mengikuti jejak beliau, Aamiin yaa robb !!

Sungguh tiada ‘amal yang harus lebih didahulukan serta pekerjaan paling afdhol untuk dilakukan melainkan hidmah (mengikuti) Al-Kitab yakni Al-qur’anul kariim. Yang mana Al-qur’an inilah sebagai Nur / cahaya , lentera bagi jalan hidup manusia, sebagai penyempurna risalah samawiyyah sebagaimana firman Allah :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءكُم بُرْهَانٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَأَنزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُوراً مُّبِيناً ﴿١٧٤﴾

174. Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mu`jizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur’an). (QS. An-Nisa’ : 147)

Sesungguhnya Allah SWT sangat memuji mereka yang telah menjaga Alqu’an (Para penghafal, pembaca serta orang-orang yang mengkaji serta mengamalkannya). Mereka bagaikan lentera agama, mereka sinar cahaya, dan merekalah penerang umat. Rasul bersabda : “Para penghafal qur’an adalah orang yang paling mulia diantara umatku”.

Dari sini kami bermaksud untuk meniru mereka, walaupun hanya serupa tapi tak sama dengan harapan siapa tahu kami bisa mendapat kemuliyaan seperti halnya mereka. Dimulai sejak 2 hari lalu Ahad, 03 Maret 2013 ketika di room CF kesayangan kita “0v0_Lentera_Qolbu_Bertasbih_0v0” kami diminta waktu untuk memandu kegiatan rutin pengajian. Walaupun kami bukan orang yang ahli dalam hal tersebut, namun kami berusaha ikut membantu dengan harapan semoga hal ini termasuk amal baik yang bisa berguna bagi masa depan kita semua.

Oleh karena itu, sebagai tindak lanjut dari instruksi beliau kami sampaikan beberapa hal terkait.

–   Pembelajaran kami mulai insya’allah sesuai jadwal Pengajian dengan ketentuan jika saya tidak ada kegiatan lainya yang lebih mendesak bagi kelangsungan warga kami di dunia nyata.
–   Jika dengan terpaksa kami tidak bisa memandu acara, insyaallah akan digantikan oleh Asatidz atau Owner yang lain.

A.   Pembelajaran Iqro’

metode yang akan kami gunakan sebagai berikut :

  1. Peserta diwajibkan mempunyai kitab Iqro’
  2. Peserta melakukan registrasi lewat IM kepada kami (gratis) serta konfirmasi sejauh mana kebisaan masing-masing  setiap sebelum membaca kitab Iqro’.
  3. Proses KBM dilakukan dengan TM secara bergantian, antara pemandu dengan peserta.
  4. Acara diawali dengan membaca Do’a awal majelis yang kami pandu, dilanjutkan do’a fatihah untuk KH. As’ad Humam (Penyusun kitab Iqro’)
  5. Do’a awal majelis yang kami maksud sebagai berikut :
  6. أَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَوَسِّعْ لِي فِي رِزْقِي، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا رَزَقْتَـنِي، وَاجْعَلْنِي مَحْبُوْبًا فِي قُلُوْبِ عِبَادِكَ، وَعَزِيْزًا فِي عُيُـوْنِهِمْ، وَاجْعَلْنِى وَجِيْـهًا فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ وَمِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ، يَا كَثِيْرَ النَّوَالِ، يَا حَسَنَ الْفِعَالِ، يَاقَائِمًا بِلاَ زَوَالٍ، يَا مُبْدِأً بِلاَ مِثَالٍ، فَلَكَ الْحَمْدُ، وَلَكَ الْمِنَّةُ، وَلَكَ الشَّرَفُ عَلَى كُلِّ حَالٍ. وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، وَالْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

  7. Setelah pembacaan do’a akan disampaikan materi Iqro’, kemudian bimbingan pembacaan 
  8. acara pengajian selesai, kami akan menyampaikan (Qultum) sekedarnya.
  9. Setelah semua selesai kami tutup dengan pembacaan do’a.

B.  Pembacaan Maulid Al-Barzanji

Metode yang digunakan :

  • Pembacaan Maulid dimulai ba’da isya’ dengan terlebih dahulu tawassul dengan fatihah.
  • Pembacaan Maulid Al-Barzanjy secara bergantian TM. Bagi yang belum punya kitab-nya bisa download dengan klik ==>> Teks Kitab Al-Barzanjy
  • Penyampaian sejarah hidup Rasulullah SAW / Penjelasan singkat dari kitab Al-Barzanjy. menukil dari kitab ” Madarijus-su’uud “
  • Do’a dan Penutup.

Demikian sekiranya rencana yang kami buat, semoga bisa berjalan dengan istiqomah serta bermanfaat bagi kita secara pribadi, bagi siapapun, terlebih bagi room kita tercinta. Aamiin yaa robb !!

Al-faqir liridholloh,

rifaudiahmad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: