Tafsir Surat Yaasiin

Surat Yasiin merupakan surat makiyyah.

001. (Yaa siin) hanya Allahlah yang mengetahui maksudnya.

002. (Demi Alquran yang penuh hikmah) yang padat dengan hikmah-hikmah, susunan kata-katanya amat mengagumkan dan makna-maknanya sangat indah lagi memukau.

003. (Sesungguhnya kamu) hai Muhammad (salah seorang dari rasul-rasul.)

====================================================================================

Sebab turunya surat ini bahwa : Orang kafir makah mengatakan bahwa Muhammad bukan lah Nabi ataupun Rasul. Ia hanyalah anak yatim yang dipelihara Abu Thalib. Ia tidak membawa kitab. Ia tidak pernah belajar ilmu dari seorang alim, lalu bagaimana mungkin ia seorang nabi????. Demikian orang kafir melakukan kemungkaran mereka terus menerus. Lalu oleh Allah SWT mereka pun dibantah dengan turunya Q.S. Yaasiin ini dengan menyaksikan sendiri bahwa Muhamad adalah seorang Nabi dan Rasul. Allah berfirman : Wahai Muhamad, Jika orang-orang kafir mengingkarimu, janganlah engkau bersusah. Aku bersaksi bahwa (Sesungguhnya kamu) hai Muhammad (salah seorang dari rasul-rasul.)  Sebab diawali dengan penyaksian Allah untuk memantapkan hati Rasul-Nya, maka diyakini bahwa Surat yasiin ini adalah hati (inti) nya Al-quran.

004. (Yang berada di atas) berta’alluq kepada ayat sebelumnya (jalan yang lurus) jalannya para nabi sebelum kamu, yaitu jalan tauhid dan hidayah. Ungkapan yang memakai kata pengukuh sumpah dan pengukuh lainnya, dimaksud sebagai sanggahan terhadap perkataan orang-orang kafir yang ditujukan kepada Nabi Muhammad, yaitu sebagaimana yang disitir oleh firman-Nya, “Kamu bukan seorang yang dijadikan rasul.” (Q.S. Ar-Ra’d 43.)

005. (Sebagai wahyu yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa) di dalam kerajaan-Nya (lagi Maha Penyayang) kepada makhluk-Nya. Khabar dari Mubtada diperkirakan keberadaannya, yaitu lafal Alquran. Maksudnya, Alquran ini sebagai wahyu yang diturunkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: