Study Tour Tahap II MTs. Manbaul Huda Grobogan (Bagian ii)

3. Sendang Coyo

Sendang coyo merupakan lokasi wisata yang cukup mengasyikan agi para peserta tour kali ini. Letak sendang coyo adalah di desa mlowokarangtalun kecamatan pulokulon lebih kurang 26km disebelah timur dari purwodadi. Sendang coyo ini terletak di hutan kecamatan pulokulon .


Untuk mencapai lokasi wisata ini ada dua jalur yang dapat ditempuh yaitu melalui kecamatan wirosari dan desa danyang. Karena rute kami adalah dari Bledug Kuwu, maka kami menempuh jalur yang pertama yang lebih enak untuk dilalui. Setiba di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB, pk darno langsung mencopot baju dan langsung menceburkan diri ke sendang.

Bagi kami yang belum pernah melihatnya sebelum ini, cukup terkagum atas kejernihan air di sendang ini. Saking jernihnya, terlihat ikan-ikan kecil yang sedang berenang di dalam air sendang tersebut. Senang dan ceria terpancar dari raut para peserta study tour kali ini. Pak darno yang memulai mandi paling awal terlihat sudah kedinginan setelah sekitar 30 menit berenang di dalam air ini.

Setelah pak darno berenang dalam air, kami pun tergiur untuk mengikuti langkah beliau. Akhirnya, jaket dan baju kami lepas dan tinggal kaos serta celana panjang yang kami kenakan.

Setelah itu, kamipun langsung ikut mencebur ke air sendang dan ikut merasakan nikmatnya main-main dalam air tersebut.

Inilah detik-detik mengharukan kami ketika ikut mandi dalam air yang konon ceritanya mempunyai nilai magis tertentu. Sendang coyo airnya sangat jernih dan dipercaya kalau mandi disendang itu maka yang mandi akan awet muda.

mencebur ke sendang

Setelah merasa puas dan kedinginan dalam air, kami pun berhenti berenang. Setelah kami keluar dari air, lalu kamera kami pegang dan akhirnya kami mengabadikan gambar lokasi sekitar sendang coyo tersebut sebagai berikut :

Sendang coyo 1

Sendang coyo 2

Sendang coyo 3

Sendang coyo 4

Sendang coyo 5

Sendang coyo 6

4. Makam Ki Ageng Sela

Rombongan sampai di makam kiageng sela sekitar jam 16.30 WIB. Sementara para rombongan melakukan shalat ashar ji masjid, kami sendiri pergi ke pondok pesantren Al-Hidayah yang terletak di samping masjid untuk sekedar mengunjungi adik yang saat ini masih belajar disana serta untuk mencari sarung dikarenakan celana yang kami pakai telah terkena najis dalam perjalanan dari sendang coyo. Setelah acara shalat ashar selesai, kami langsung berbincang sebentar dengan adik dan dilanjutkan pergi menemui rombongan untuk melakukan ziarah bersama ke Makam Ki Ageng Sela.

Acara ziarah dilaksanakan sebagaimana di Makam Ki Ageng Tarub, namun kali ini pak darno tidak mau mengimami tahlil bersama. Akhirnya, kami harus membuka acara, memimpin uluk salam dan doa ziarah qubur serta mengimami tahlil umum. Setelah acara tahlil selesai, Doa tahlil kami sampaikan kepada bapak darno untuk memimpinnya. Walau pada awalnya beliau kurang mau, namun akhirnya kami paksa. Setelah selesai memimpin do’a, acara ziarah pun selesai dan rombongan kami persilahkan untuk melakukan observasi di makam Ki Ageng Sela untuk melihat beberapa peninggalan sejarah beliau. Sementara itu, kami kembali ke Pesantren untuk menyelesaikan urusan dengan adik berkenaan dengan belajar komputer, karena memang dia lebih cenderung memahami ilmu teknologi informatika dibanding kami.

Setelah dirasa cukup, rombongan pun bertolak untuk pulang ke rumah masing-masing.

Dalam perjalanan ketika sampai di Pom Bensin Mayahan, kami mampir dulu ke warung untuk makan malam yang kemudian dengan kendaraan masing-masing, kami pulang dan Alhamdulillah sampai ke rumah dengan selamat tepat pada saat iqamah shalat maghrib berkumandang.

LETAK SENDANG COYO ADALAH DI DESA MLOWOKARANGTALUN KECAMATAN PULOKULON LEBIH KURANG 26KM DISEBELAH TIMUR DARI PURWODADI. UNTUK MENCAPAI LOKASI WISATA INI ADA DUA JALUR YANG DAPAT DITEMPUH YAITU MELALUI KECAMATAN WIROSARI DAN DESA DANYANG . SENDANG COYO TERLETAK DI HUTAN KECAMATAN PULOKULON . UNTUK SAMPAI LOKASI INI SUDAH MUDAH D IJANGKAU KARENA SUDAH ADA JALAN ASPAL YANG MENGHUBUNGKANNYA . SENDANG COYO AIRNYA SANGAT JERNIH DAN DIPERCAYA KALAU MANDI DISENDANG ITU MAKA YANG MANDI AKAN AWET MUDA.

1 Comment

  1. 12/03/2011 at 02:06

    […] Berlanjut ke link ini : Study Tour Tahap II MTs. Manbaul Huda Grobogan (Bagian ii) […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: