Study Tour MTs

Assalamualaikum wr.wb.

Postingan ini ditulis untuk mempermudah para siswa dalam menyusun karya tulis mereka, terutama pada BAB III yang menerangkan tentang laporan hasil Observasi serta BAB II yang menerangkan tentang landasan teori penyusun Karya tulis mereka.

Semoga bermanfaat.

Kamis, 24 Pebruari 2011 lalu siswa MTs. Manbaul Huda Grobogan melakukan perjalanan Study Tour yang pesertanya adalah Kelas VIII Tahun Pelajaran 2010/2011. Dari ke-empat lokal kelas yang diberangkatkan dengan 3 armada BUS itu, 145 peserta diantaranya adalah dari pihak siswa dengan jumlah pendamping sebanyak : 17 orang.

PEMBERANGKATAN

Perjalanan dimulai pada malam hari Kamis, sekitar jam 02.00 WIB.

Siswa yang dijadwalkan pukul 24.00 WIB untuk berkumpul di lokasi MTs, ternyata sudah mulai berdatangan sejak pukul 21.000 WIB. Sehingga Panitia pun harus bekerja ekstra keras untuk mengatur anak-anak supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Setelah BUS datang, para siswa naik ke BUS masing – masing dan membaca do’a – do’a diantaranya.

DO’A KETIKA AKAN NAIK BUS

اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِيْ سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِي اْلأَهْلِ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ. بِسْمِ اللهِ مَجْرهَا وَمُرْسهَا اِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ. وَمَا قَدَرُوْاللهَ حَقَّ قَدْرِه وَاْلاَرْضُ جَمِيْعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ وَالسَّموَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِيْنِهِ. سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ.

DOA WAKTU KENDARAAN MULAI BERGERAK

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ اَّلرحِيْمِ. اَللهُ اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ. سُبْحَانَ اَّلذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ.

Setelah BUS diberangkatkan, para pengantar anak pun sudah mulai lega dan mulai pulang ke rumah maring-masing.

Selama dalam perjalanan, Bus A yang kami naiki melaju dengan cukup kencang di depan BUS yang lain. Dari MTs menuju lokasi Wisata Bahari Lamongan (WBL) rombongan harus berhenti di daerah wirosari untuk menaikkan jatah sarapan dan sejenak berhenti di blora untuk melakukan sholat subuh berjama’ah.

Keadaan anak – anak saat itu sudah mulai banyak yang teler* karena mabuk kendaraan. sebagian besar siswa di BUS B dan C sudah mabuk kendaraan. Namun di BUS A baru sekitar 3 orang. Maklum anak desa baru pertama naik BUS AC. hehehe….

dalam perjalanan, awalnya kru BUS memberikan tontonan dangdut koplo, sehingga sebagai panitia kami merasa bertanggung jawab untuk menyetop lagu yang kurang pas bila ditonton oleh kalangan anak anak tersebut. Atas permintaan kami, akhirnya lagu-lagu tersebut diganti dengan iringan lantunan sholawat dari DVD BUS yang kadang diganti dengan Pengajian Umum.

DI MAKAM WALIYULLOH SUNAN BONANG

Pagi hari sekitar jam 07.00 WIB, kami sampai di makam waliyulloh Sunan Bonang. disana kami melakukan do’a bersama. Tidak lupa kami selalu mengingatkan anak-anak supaya menjadikan waliyulloh tersebut sebagai wasilah, bukan sebagai tujuan utama. Sebab yang bisa mengabulkan permintaan bukan wali tersebut, namun hanyalah ALLAH SWT.

Sebelum acara do’a dimulai, kami membaca beberapa doa terlebih dahulu yang dipimpin oleh Bapak Drs. Parmuka sebagai berikut :

ULUK SALAM KETIKA AKAN MULAI BERZIARAH

السَّلاَمُ عَلَيْكَ يَا وَلِيَ اللهُ …….. صَاحِبَ الْكَرَامَةِ وَاْلفَضِيْلَةِ. جِئْنَاكَ زَائِرِيْنَ . َوعَلَى مَقَامِكَ وَاقِفِيْنَ. اَوْدَعْنَا عِنْدَكَ شَهَادَةَ اَنْ لاَاِلهَ اِلاَّالله. وَاَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم.

QASHIDAH KETIKA ZIARAH PADA QUBUR AULIYA’

سَلاَمُ اللهِ وَالَّرحْمَةِ عَلَيْكُمْ يَا وَلِيَ الله}

{اَتَيْنَاكُمْ وَزُرْنَاكُمْ وَقَفْنَا يَاوَلِيَ الله}

{سَعِدْنَا اِذْلَقَيْنَاكُمْ قَصَدْنَا يَاوَلِيَ الله}

{تَوَسَّلْنَا بِكُمْ لِلّه اَجِيْبُوْا يَاوَلِيَ الله}

{رَجُوْنَا مِنْ مَزَايَاكُمْ لِتَدْعُوْا يَاوَلِيَ الله}

{اِلَى الَّرحْمَنِ مَايُرَامْ لَدَينَْايَاوَلِيَ الله}

{طَلَبْنَاوُسْعَةَ اِّلرزْقِ حَلاَلاً يَا وَلِيَ الله}

{وَحَجَّ اْلبَيْتِ فِى اْلحَرَام مِرَارًا يَاوَلي الله}

{وَحُسْنًا فِي اخْتِتَامِنَا كِرَامًا يَاوَلِي الله}

{عَسى نُرْضَى عَسى نُحْظَى بِقُرْبٍ يَاوَلِي الله}

{وَصَلَّى سَلَّمَ عَلَى مُحَمَّدْ يَاوَلِي الله}

{وَحَمْدًالِلْمُهَيْمِنِ وَشُكْرًا يَاوَلِي الله}

Sekitar jam setengah sembilan rombongan meninggalkan makam Sunan Bonang, yang selanjutnya menuju ke kota Lamongan. Di tengah perjalanan ternyata hujan turun, sehingga menambah dinginnya perjalanan saat itu, dan akhirnya 6 orang anak di BUS A harus menumpahkan makanan yang telah mereka masukkan ke dalam perut. Saat itu ada pedagang asongan “Dodol” yang ikut ke dalam BUS untuk sekedar menjajakan makanan. Banyak juga yang membeli barang dagangannya hingga dodol yang aslinya 1 sak pun tinggal sisa sekitar 1/4 nya.

Kalau mau tahu tentang sejarahnya Sunan Bonang, buka link ini :

Sejarah Sunan Bonang

 

WISATA BAHARI LAMONGAN (WBL)

Alhamdulillah rombongan sampai WBL sekitar jam setengah 11 untuk selanjutnya makan siang di restoran sebelah nya WBL.


Jam 11 tepat, para siswa masuk lokasi dan diberikan kelonggaran waktu bermain-main hingga sekitar jam setengah 3 sore. Tidak lupa kami mengingatkan anak-anak untuk niat sholat jama’ ta’khir bagi yang ingin sholat dzuhur digabung dengan sholat ashar sorenya nanti. Namun sebagian kecil atas instruksi para guru / panitia yang lain telah melakukan sholat jama’ taqdim.

Adapun beberapa niat sholat jama’/qoshor yang dibaca para peserta sebagaimana dalam buku panduan adalah :

TATACARA MELAKUKAN SHOLAT JAMA’ TA’KHIR QOSHOR DZUHUR / ASHAR

• Niat Jama’ Ta’khir

نَوَيْتُ صَلَاةَ الظُّهْرِ مَجْمُوْعًا إِلَى اْلعَصْرِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ لِلهِ تَعَالَى

• Niat Sholat Dzuhur Jama’ Ta’khir Qoshor

أُصَلِّي فَرْضَ الظُّهْرِ رَكَعَتَيْنِ مَجْمُوْعًا إِلَي اْلعَصْرِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ قَصْرًا مَأْمُوْمًالِلهِ تَعَالَى

• Niat Sholat Ashar Jama’ Ta’khir Qoshor

أُصَلِّي فَرْضَ اْلعَصْرِ رَكَعَتَيْنِ مَجْمُوْعًا إِلَيْهِ الظُّهْرُ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ قَصْرًا مَأْمُوْمًالِلهِ تَعَالَى


Setelah puas bermain-main di dalam WBL, para siswa keluar sekitar jam setengah 3. Namun karena kurangnya koordinasi, ternyata masih ada beberapa anak yang terlalu asyik bermain di dalam lokasi WBL. Akhirnya kami pun meminta tolong bagian informasi untuk mengumumkan bahwa mereka telah ditunggu rombongan. Karena terlalu lama, sehingga panitia pun memutuskan untuk melakukan sholat ashar jama’ ta’khir di lokasi WBL bagi yang belum sholat tadinya.

Adapun tentang materi tentang WBL dapat dilihat di link berikut ini :

Wisata Bahari Lamongan

MAKAM SYEKH IBRAHIN ASMOROKONDI (SYEKH SAMARKANDI)

Jam setengah 4, rombongan mulai beranjak menuju lokasi terakhir yakni makam Syekh Ibrahim Asmorokondi di daerah Tuban. sampai lokasi sekitar jam 5, rombongan langsung melakukan ziarah dan berdo’a dimakam Syekh Samarkandi tersebut dengan didahului berbagai do’a sebagaimana diatas.

Setelah acara selesai, di sana kami pun membeli beberapa oleh – oleh untuk guru yang tidak ikut serta untuk keluarga masing-masing.

Namun na’as banget nasib kami, karena berjalan di paling belakang karena harus mengechek bahwa sudah tidak ada lagi yang ketinggalan, justeru malahan kami yang di tinggal oleh BUS tersebut. Hehehe…… Akhirnya karena yang masih disana adalah BUS B, terpaksa kami harus menginap sejenak untuk melanjutkan perjalanan menuju restoran untuk makan malam.

Hingga di restoran yang dimaksud, kami langsung berkumpul dengan peserta yang lain sambil bersendau gurau dan saling bercerita. Ternyata emang tidak enak kalo harus nginep di BUS orang….

Sedangkan  materi tentang Syekh Samarkand ini dapat dilihat di link berikut ini :

Makam Syekh Samarkand

PERJALAN PULANG

Setelah makan malam sekitar jam 18.00 WIB, rombongan pun pulang ke rumah dan tidak lupa BUS pun kami intruksikan untuk mencari lokasi berhenti sejenak untuk sholat Maghrib jama’ ta’ khir.

Saat itu para sudah sangat lelahnya, hingga akhirnya mereka harus tertidur pulas di BUS masing-masing. Sholat jama’ ta’khir dilakukan di sekitar kota Rembang pada jam 20.30 WIB.

Adapun niat yang dibaca untuk melakukan shalat Maghrib dan isya’ terbut adalah :

• Niat Sholat Maghrib Jama’ Ta’khir

أُصَلِّي فَرْضَ اْلمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مَجْمُوْعًا إِلَيْ اْلعِشَاءُ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ مَأْمُوْمًالِلهِ تَعَالَى

• Niat Sholat Isya’ Jama’ Ta’khir

أُصَلِّي فَرْضَ اْلعِشَاءُ رَكَعَتَيْنِ مَجْمُوْعًا إِلَيْهِ اْلمَغْرِبِ جَمْعَ تَأْخِيْرٍ ٍقَصْرًا مَأْمُوْمًالِلهِ تَعَالَى

Setelah itu, rombongan pun mulai beranjak pulang ke kampung halaman. di tengah perjalanan kami selalu melakukan komunikasi dengan pihak sekolah yang ditugasi mengawal para orang tua yang akan menjemput anak-anak mereka. Hingga akhirnya BUS sampai di MTs. Manbaul Huda Grobogan pada malam jum’at sekitar pukul 23.45 WIB dan alhamdulillah dengan selamat, tanpa ada halangan apapun, walau sekitar 10 anak di BUS A dan sebagian besar anak di BUS yang lain mabuk kendaraan. beberapa hal yang menjadi catatan kami bahwa : “Jangan pernah meniggalkan sholat kita kapanpun dan dimanapun serta budayakan hidup Islamy ala ahlus sunnah wal jama’ah.”

Semoga bermanfaat.

Amin….

Wassalamualaikum wr.wb


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: