Jangan lupakan sholatmu

Shalat merupakan tiang agama, begitulah ibarat yang sering kita dengar. Ini berarti shalat merupakan soko guru utama yang bisa menegakkan rumah keselamatan kita yakni Agama Islam. MAnakala shalat kita bagus, berarti soko guru tersebut kuat dan akan terhindar dari roboh / rusak. Demikian sebaliknya, jikalau kita melupakan kewajiban shalat berarti kita telah merobohkan rumah yang bisa menyelamatkan kita dari panasnya api neraka dan dahsyatnya siksa kubur.

Lebih lanjut Rasulullah SAW mengatakan bahwa shalat merupakan amal perbuatan kita yang kelak akan di hisab pertama kali. Ketika kelak kita menemukan shalat kita bagus dan diterima oleh Allah SWT, maka amal yang lainnya juga akan bagus yang berarti kita akan terhindar dari siksa-NYA, Demikian juga sebaliknya.

MENGAPA DEMIKIAN???

Dikatakan dalam Al-Qur’an bahwa shalat yang baik adalah yang mampu diikuti dengan pencegahan diri dari setiap perbuatan keji dan kemungkaran setelahnya. Sebagaimana difirmankan Allah SWT dalam Al-Qur’an :

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Ankabut : 45)

NAMUN APA YANG KITA RASAKAN SAAT INI??? SUDAHKAH SHALAT KITA MAMPU MENCEGAH DIRI KITA DARI KEMUNGKARAN??

Disadari atau tidak jawaban untuk pertanyaan diatas adalah “BELUM”. Sebab setelah melakukan shalat, kita masih saja bergumul dengan perbuatan keji dan kemungkaran. yang semakin hari kita semakin lalai terhadap menjalankan tugas sebagai kholifah di dunia ini.

Shalat merupakan amal sholeh yang harus dilakukan dengan rutin dan penuh dengan kesabaran. Karena untuk melakukannya butuh kesabaran ekstra, kekhusyu’an serta keihklasan. Shalat merupakan tali yang dapat menghubungkan kita terhadap sang Pencipta, oleh karenanya shalat harus dilakukan dengan penuh khidmat. Memang sulit untuk melakukannya, namun itulah yang justeru jika kita usahakan akan menumbuhkan kepuasan spiritual yang mendalam. Ibarat petani yang ingin benar-benar panen maka ia haruslah benar-benar menjaga tanamannya supaya kelak hasilnya memuaskan. Ia harus sabar merawat, memupuk, mencegah hama yang dapat merusak tanamannya.

Jika petani tersebut benar-benar sadar bahwa ke depan ia dapat mengenyam manisnya panen atau kah tidak, semua tergantung dari usahanya saat ini. Lalu dengan kesadaran tersebut ia berusaha maksimal untuk mewujudkannya, tentu iapun akan berhasil. Sebab Allah SWT Maha Adil dan Bijaksana.

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (Q.S. Al-Baqoroh : 45)

Intinya jikalau kita masih sering berbuat kemungkaran hal ini mengindikasikan bahwa shalat kita masih belum khusyu’.

BAGAIMANA SUPAYA KITA BISA KHUSYU’

Salah satu caranya adalah dengan mempelajari maksud dan arti dari setiap doa yang kita baca dalam shalat. Dengan memaknai dan mengangan-angan maksud do’a-do’a kita tadi insyaalloh dapat lebih khusyuk ketika shalat.

Salah satu do’a yang sering kita baca terdapat dalam do’a iftitah disebutkan bahwa :

إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

“Sesungguhnya shalat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam,”

ini memerintahkan kepada kita bahwa setiap shalat kita harus diiringi sifat pasrah kepada Allah SWT.

Setelah shalat, kita juga harus membiasakan kekhusyu’an tersebut supaya benar-benar terhindar dari segala perbuatan keji dan mungkar.

Semoga kita mempu menjadi orang-orang yang khusyu’ dan tergolong dalam rombongan orang-orang yang Ikhlash. Amin.

أقم الصلاة فبل الفوات

“Tunaikan shalatmu sebelum datang matimu”.

2 Comments

  1. hury said,

    29/03/2011 at 09:50

    sholat iku caga’e agomo…
    ayo sholat sholat sholat….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: