Mengapa Kita Harus Berpuasa????

Puasa merupakan benteng setiap muslim. Bila kita sedang berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan menghina seseorang, keluar dari ketetapan hukum syara’, jangan melakukan tindakan orang-orang jahil yang berteriak-teriak, menghina atau menyalah-nyalahkan orang lain. Dan apabila kita ada seseorang yang mengajak bertengkar atau berbicara kotor pada kita maka katakanlah dengan lisan dan hati bahwa : “Sesungguhnya aku sedang berpuasa” agar kita ingat bahwa kita sedang menjalankan ibadah. Jangan sampai ibadah kita terganggu oleh bujukan syetan seperti itu.

Berusahalah untuk memakan perkara yang halal ketika berbuka puasa. Sebab tiada berguna orang yang seharian penuh berpuasa namun ia tidak mencegah diri dari memakan perkara haram. Yang dimaksud perkara haram disini ada kalanya memang dari hukum makanan itu sendiri yang telah di nash haram oleh agama dan adakalanya berupa makanan halal yang berubah hukumnya sebab telah melebihi batas. Sesungguhnya hal seperti ini adalah bagaikan orang yang membangun istana kemudian ia robohkan kembali istana tersebut.

Maksud dari berpuasa adalah untuk memecah syahwat dan melemahkan sumber kemaksiyatan, kemudian menumbuhkan sikap takut kepada Allah. Jadi orang yang berlebihan ketika berbuka puasa maka mereka tidak akan mendapat manfaat dari puasanya. Kecuali bagi orang yang memang melakukan pekerjaan berat di waktu siang, atau bagi perempuan yang sedang menyusui anak mereka, maka melebihkan makan sahur sesuai kebutuhan insyaallah tidak berbahaya.

Ingatlah bahwa perut ibarat mesin yang perlu istirahat. Jangan di forsir, sehingga mereka akan mogok kerja dengan sendirinya. Allah telah memperhatikan kapan waktu untuk mengistirahatkan mesih perut ini pada waktu yang telah DIA tentukan. Tiada wadah yang paling dibenci oleh Allah SWT daripada perut yang dipenuhi dengan makanan halal. Ingatlah pula bahwa kebanyakan penyakit disebabkan oleh banyaknya makanan yang kita masukan dalam tubuh. Bila makanan halal saja amat dibenci, maka bagaimanakah hukumnya perut yang penuh dengan makanan haram???

Bilamana tujuan puasa adalah untuk melemahkan syahwat serta membersihkan hati, maka lakukanlah dan perbanyaklah puasa semampu kita. Sesungguhnya puasa merupakan dasar dari setiap ibadah dan kunci untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya setiap perkara itu mempunyai kunci, dan kunci dari ibadah adalah berpuasa” (Al-Hadist)

Sumber : Al-’Alim al-fadhil Al-kamil Syekh Imam Muhamad Nawawi, Maraqiy al-ubudiyyah fi Syarh Bidayatul Hidayah, Al-Jawi. hlm. 60.

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: