DOA AKHIR TAHUN DAN AWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH

Assalamualaikum wr.wb.

Peringatan Hari Besar Umat Islam yang akan kita rayakan setelah Hari Raya Idul Adha ini adalah tentang terjadi pergantian tahun hijriyyah. Tahun baru yang kadang lebih sering dilupakan oleh umat sendiri, dan mereka justeru lebih cenderung menghafal dan merayakan pergantian tahun baru masehi. Para salafus shalihin telah mengajarkan kepada kita untuk berdoa ketika menjelang pergantian tahun.
Berikut adalah doa akhir tahun dan awal tahun yang lafadznya cukup terkenal karena banyak terdapat di buku-buku doa. Memang bukan suatu kewajiban, namun manfaat membaca do’a ini sebagaimana diungkapkan para ulama’ salaf adalah : “Barangsiapa yang membaca doa akhir tahun ini, maka syaitan akan berkata : “Hampalah kami di sepanjang tahun ini“.”
Hal ini bisa terjadi manakala Allah benar-benar mengabulkan do’a kita, hingga semua dosa kita diampuni-NYA dan sia-sia lah bujuk rayu syetan yang mereka lakukan kepada kita selama ini.
Tata cara :
1.  Untuk lebih bisa menghayati doa kita, maka sebaiknya kita juga membaca atau memahami arti do’a tersebut dibawah ini.
2.  “Allah itu ESA, dan menyukai yang ganjil”, maka agar lebih mujarab ada baiknya do’a tersebut kita minimal 3x.
3.  “Allah itu suci dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri”. maka ada baiknya pula sebelum kita membaca do’a ini, kita bersihkan niat, serta dalam keadaan telah berwudlu.
4.  Usahakan untuk melakukan do’a tersebut tepat sesuai waktunya.
Doa Akhir Tahun
Dibaca menjelang akhir tahun yakni sesudah waktu ashar atau sebelum masuk waktu maghrib. Doa berikut pada intinya memohon ampunan dari Allah Swt atas perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh-Nya yang telah kita lakukan di tahun ini, dan apabila dalam tahun yang akan ini ada perbuatan-perbuatan baik yang kita kerjakan, maka memohon agar amal shaleh tersebut diterima oleh Allah Swt.

Do’a akhir tahun adalah sebagai berikut :
Arti doa tersebut adalah :
Allah SWT berselawat ke atas penghulu kami Muhammad SAW, ahli keluarga dan sahabat-sahabat baginda dan kesejahteraan ke atas mereka. Wahai Tuhan, apa yang telah aku lakukan dalam tahun ini daripada perkara-perkara yang Engkau tegah daripada aku melakukannya dan aku belum bertaubat daripadanya. Sedangkan Engkau tidak redha dan tidak melupakannya. Dan aku telah melakukannya di dalam keadaan di mana Engkau berupaya untuk menghukumku, tetapi Engkau mengilhamkanku dengan taubat selepas keberanianku melakukan dosa-dosa itu semuanya. Sesungguhnya aku memohon keampunanMu, maka ampunilah aku. Dan tidaklah aku melakukan yang demikian daripada apa yang Engkau redhainya dan Engkau menjanjikanku dengan pahala atas yang sedemikian itu. Maka aku memohon kepadaMu. Wahai Tuhan! Wahai yang Maha Pemurah! Wahai Yang Maha Agung dan wahai Yang Maha Mulia agar Engkau menerima taubat itu dariku dan janganlah Engkau menghampakan harapanku kepadaMu Wahai Yang Maha Pemurah. Dan Allah berselawat ke atas penghulu kami Muhammad, ke atas ahli keluarga dan sahabat-sahabatnya dan mengurniakan kesejahteraan ke atas mereka. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya.
Doa Awal Tahun
Doa dibaca ketika memasuki tahun baru yakni dilakukan usai shalat maghrib. Dengan doa ini kita memohon kepada Allah Swt. agar dalam memasuki tahun baru ini kita dapat meningkatkan amal kebajikan dan ketaqwaan. Berikut lafadz do’anya secara lengkap :
Artinya :  Allah SWT berselawat ke atas penghulu kami Muhammad SAW, ahli keluarga dan sahabat-sahabat baginda dan kesejahteraan ke atas mereka.
Wahai Tuhan, Engkaulah yang kekal abadi, yang qadim. yang awal dan ke atas kelebihanMu yang besar dan kemurahanMu yang melimpah dan ini adalah tahun baru yang telah muncul di hadapan kami. Kami memohon pemeliharaan dariMu di sepanjang tahun ini dari syaitan dan pembantu-pembantunya dan tentera-tenteranya dan juga pertolongan terhadap diri yang diperintahkan melakukan kejahatan dan usaha yang mendekatkanku kepadaMu Wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia. Wahai Tuhan Yang Maha pengasih dari mereka yang mengasihi dan Allah berselawat ke atas penghulu kami Muhammad. Nabi yang ummi dan ke atas ahli keluarga dan sahabat-sahabatnya dan kesejahteraan ke atas mereka.
Akhirnya, marilah pada pergantian Tahun ini, kita isi dengan berdo’a sebagaimana do’a yang diajarkan para shalihin diatas serta memperbanyak dzikir dan do’a-do’a supaya kita tidak termasuk orang yang merugi dalam usia kita.
Satu hal yang perlu kita ingat bahwa kita harus bisa melestarikan amal kebaikan kita di masa lampau, serta mengganti keburukan yang telah kita lakukan dengan hal-hal yang lebih baik di masa mendatang.


Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb.
About these ads

2 Comments

  1. N94w1n4N said,

    14/11/2012 at 13:03

    izin copas mas bro,,, dan tak lupa nnti saya tampilkan link situs aslinya hehe trimakasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers

%d bloggers like this: